![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi6KzOB5eMH3vwzci9IhRwzL7mG9SpCTyHG13_wOTayx2RmR43mnZNBE4Z8ytl3V5ewIKDaczxoo0tSCWAxBSW2zD-3DkebYqWAdMxrBqgugLuuMNEu57HGPHIKLHDUm5fMGrL-_m7AbcFP/s320/bagian+mesin+sebelah+kanan.jpg)
Sabtu, 07 Juni 2014
Penyebab kopling lemah dan cara memperbaikinya
![Penyebab kopling lemah dan cara memperbaikinya](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEinUGdMA4BmL9wNGk-LFEFAJ6ox2gDbikNDSgzrFUKs7UR0d4tHIjEkISiipRwCwL6EKsqsjk5FNzLmd34jBxsSyRMId44vkDoizrZcukiWi-LxtizLnsykD7wYdL-GRdCMNADzqpuz8ii6/s320/kopling.jpeg)
Apa Penyebab kopling lemah dan cara memperbaikinya
Aduh kopling sepeda motor saya kok aneh siii?...
Pasti teman- teman skalian pernah mengalami kejadian tersebut, jadi jangan khawatir. Disini saya akan memberi informasi yang saya dapat dari pengalaman saya.
Langsung saja baca dibawah ini.
PENYEBAB
- Pelat- pelat kopling berubah bentuk.
- Pegas kopling lemah.
- Kabel kopling kurang panjang.
- Pelat gesek aus.
- Penyetelan kopling kurang baik.
PERBAIKAN
- Ganti pelat kopling. Ganti pegas kopling.
- Ganti pelat gesek.
- Setel kopling.
ShareThis Copy and Paste
Kenali Problem Mesin Dari Kondisi Busi
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhjMpPrfyMOYGyZl2AFMY8uimb2zOPXa1c7J9yXm_7sTcY6TCKK2X8ULSdZCnL_uM_EVvNvBV-b5pVIzcadV00M6jM3eDva26pdyNBm6Hfiem_oDyMlHm5BjRfcuSZF8KqCLL0e2EiJhlqd/s1600/gusi.jpg)
kontruksi busi
Kerak berlebihan diujung busi
-part pengapian ada yang rusak, diantara cdi, coil, dan cap busi
-terlalu lama mengendarai motor di RPM rendah
-kode busi terlalu dingin
-bahan bakar dan udara campuran terlalu gemuk
Panas berlebihan
-kode busi terlalu panas
-setingan udara/bahan bakar terlalu kering
-penumpukan kerak diruang bakar mulai banyak
-terlalu sering full throtle
Cara Mengetahui Kondisi Mesin Dengan Melihat Warna Busi
Meski harga Premium diturunkan, toh harga Rp 4.500 per liter
masih lumayan tinggi. Apalagi kalau ditambah proses pembakaran mesin
tidak sempurna, ujung-ujungnya motor malah rakus bensin. Kalau sudah
begitu, pengeluaran isi kantong pun ikutan bertambah bukan?
Nah, kalau akhir-akhir ini motor kamu terasa boros, ada baiknya
curiga kondisi pembakaran yang kurang sempurna. Bagaimana cara
ngeceknya?Ternyata caranya cukup mudah kok. Hanya dengan melihat warna
elektroda busi. Karena saat terjadi pembakaran, elektroda busi berada di
dalam ruang bakar. Caranya tentu harus melepas busi terlebih dahulu.
Lalu perhatikan warna elektroda atau mulut busi.Hitam kering, tanda boros bahan bakar
“Bila warnanya hitam kering atau berjelaga pertanda pembakaran tidak sempurna. Campuran pembakaran terlalu gemuk atau kaya. Warna hitam disebabkan bensin tidak terbakar habis sehingga menempel pada mulut busi,” buka Udin, kepala mekanik AHASS Clara Motor di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
“Ada dua penyebab. Bisa disebabkan settingan bensin di karburator dan kerenggangan klep tidak tepat atau pengapian yang bermasalah,” lanjut Coki dari JP Racing. Misal setelan angin terlalu nutup, spuyer aus atau kegedean, bahkan filter udara tersumbat juga bisa menyebabkan pembakaran terlalu kaya.
Begitu juga dengan setelan klep yang terlalu renggang. Bensin yang masuk ke ruang bakar terlalu banyak sehingga tidak bisa terbakar habis. Solusinya motor harus disetting ulang. “Biasanya bila sudah terlalu lama tidak di service, settingan motor akan berubah dan tidak ekonomis lagi,” lanjut Coki yang bengkelnya berada di kawasan Bintaro ini.
Kecoklatan, pembakaran sempurna
Putih tandanya terlalu kering
Namun bila pengapian yang bermasalah, busi jadi perhatian pertama. Diantara begitu banyak part pengapian, umur busi yang paling pendek. “Biasanya umurnya antara 6000 sampai 7000 km tergantung pemakaian. Lebih dari itu performanya akan turun dan pastinya pembakaran jadi kurang sempurna,” jelas Udin.
Lantas seperti apa warna busi yang pembakarannya sempurna? “Warna busi akan terlihat kecoklatan,” tutup Coki. Namun jangan kelewat irit. Kalau terlalu irit warna busi jadi putih dan mesin akan cenderung lebih panas.
Cara mengetahui kondisi mesin dengan melihat warna busi
Keadan mesin mobil atau motor dapat di diagnosa melalui tampilan warna busi, dengan melihat tampilan warna busi kita bisa mengetahui kondisi mesin, apakah mesin boros bensin, mesin dalam keadaan normal, mesin over heating atau boros oli.Untuk jelasnya lihat saja gambar dan keterraangan di bawah:
Mesin dalam keadaan normal.
Kondisi mesin mudah dihidupkan, juga pada putaran mesin tinggi ataupun rendah, mesin berjalan dengan baik.
Keadaan mesin seperti diatas bisa dilihat pada insulator busi yang berwarna coklat atau keabu-abuan. Hanya sedikit terdapat bekas pembakaran yang menutupi elektroda-elektrodanya. Lihat gambar di bawah.
Mesin tidak normal.
Mesin susah dihidupkan, mesin tidak stabil pada kecepatan rendah. Penambahan kecepatan tidak bekerja lagi dan terjadi mesin mati.
Hampir 90% gangguan mesin yang disebabkan oleh busi, dikarenakan kotor oleh endapan karbon ( carbon fouling ), kotor oleh endapan oli (olie fouling) dan kotor oleh endapan timah hitam ( lead fouling).
Penyebab keadaan terjadinya carbon fouling adalah:
1. Kesalahan pemakayan nomor tingkat panas busi.
2. Pemakaian bahan bakar berlebihan ( karburator banjir, penyetelan karburator terlalu kaya, cuk tidak sempurna pada posisi off. atau saringan udara karburator tersumbat ).
3. Bahan bakar tidak baik mutunya.
4. Terlalu lama dipakai pada kecepatan rendah.
5. Pembakaran oleh busi telat.
Keadaan mesin seperti diatas dapat dilihat pada warna insulator dan elektroda busi yang tertutup oleh lapisan serbuk karbon kering berwarna hitam. Lihat gambar dibawah.
Penyebab keadaan terjadinya olie fouling adalah:
1. Kerusakan pada piston ring piston ring aus atau kerenggangan klep tidak tepat.
2. Campuran bahan bakar dan udara tidak tepat terlalu banyak bahan bakar (campuran kaya).
3. Pada mesin 2 tak campuran oli sampan terlalu banyak atau lebih dari standar.
4. Mesin baru saja turun atau overhaul dimana pada waktu pasang bagian mesin menggunakan banyak oli.
Keadan mesin seperti diatas dapat dilihat pada insulator dan elektroda busi yang basah oleh oli, sehingga warnanya kelihatan hitam dan basah. Lihat gambar dibawah.
Penyebab keadaan terjadinya lead fouling adalah:
Bensin dicampur dengan senyawa timah hitam. Bekas pembakaran senyawa ini menempel pada ujung busi. Bila kendaraan berakselerasi dengan kecepatan tinggi, senyawa tersebut akan meleleh sehingga terjadi kebocoran listrik dan menyebabkan kegagalan pembakaran.
Mesin terasa tersendat-sendat pada waktu menambah kecepatan ( berakselerasi ) atau pada kecepatan tinggi.
Keadaan mesin seperti diatas dapat dilihat pada insulator busi berwarna kuning juga coklat. Lihat gambar di bawah.
Penyebab terjadinya Kotoran oleh endapan (deposit fouling) adalah:
1. Oli yang dipakai kurang baik mutunya.
2. Saringan udara kalburator tidak ada atau tidak di pasang.
3. Untuk mesin 4 tak oli ikut masuk kedalam ruang bakar dan ikut terbakar (piston dan piston ring aus)
Mesin dalam kondisi ada gangguan pembakaran pada waktu menambah kecepatan atau pada waktu kecepatan tinggi
Keadaan mesin diatas dapat dilihat pada kondisi insulator dan elektroda busi terdapat endapan hasil pembakaran atau kerak busi dengan warna bermacam macam. Lihat gambar di bawah.
Penyebab terjadinya panas berlebih ( over heating ) adalah:
1. Keliru memilih nomor tingkat panas busi.
2. Penyetelan pengapian taidak tepat, innition timing terlalu cepat.
3. Sistem pendingin tidak baik.
4. Campuran bensin terlalu kurus terlalu banyak udara.
Tenaga mesin menjadi hilang dan kecepatanpun berkurang. Hal ini timbul apabila dalam kecepatan tinggi, pendakian yang lama atau dengan muatan yang berat. Bila keadaan tersebut di biarkan bisa menyebabkan busi meleleh dan piston pun bisa rusk berlubag.
Keadaan mesin diatas dapat dilihat pada kondisi insulator busi yang berwarna putih pucat dan pada elektrodanya terbakar berwarna keungu-unguan serta terlihat aus. Bila kondisi ini dibiarkan ujung-ujungnya elektroda dapat meleleh. Lihat gambar di bawah.
1. Normal
Warna abu-abu merata atau merah bata dari ujung elektroda sampai selongsong busi. Kalau ada warna abu-abu muda, maka settingan karburator terlalu irit bensin.
Kalau ada warna gelap atau hitam pekat, maka setingan karburator terlalu boros bensin.
2. Basah
Ujung busi basah, basahnya ini basah oli bukan bensin, maka ada yang bocor di mesin kita, bisa dari ring piston goyang, bos klep bocor atau oli mesin terlalu banyak hingga seal klep kalah/bocor. Oli ini ikut terbakar di ruang pembakaran mesin dan meninggalkan sisa basah oli. Biasanya pada motor 2-tak disebabkan karena terlalu banyaknya campuran oli samping.
3. Tertutup Kerak
Hal ini disebabkan karena kualitas bahan bakar yang kita pakai jelek, ada campuran kotoran, atau sudut pengapian yang terlalu maju, dan bisa jadi salah pilih jenis busi.
4. Rata dengan keramik
Ini artinya businya sudah terlalu sering diamplas jadi sudah abis, Gantilah dengan yang baru.
5. Cacat/Rusak
Artinya bensin yang kita pakai jelek sehingga terjadi gejala detonasi (nglitik) atau jarak elektroda busi terlalu jauh. Makanya beli bensin harus pilih-pilih, jangan asal cepat, nggak antri. Tapi jangan kira juga loh kalau di SPBU bensinnya bagus, ada juga SPBU yang nakal, nyampur bensin + minyak tanah. Coba sekali-kali cek kondisi bensin yang kita beli.
6. Penuh Bulu Putih
Ini artinya ada cairan radiator yang bocor dan ikut terbakar di ruang pembakaran mesin.
7. Meleleh
Ini artinya busi menyala sebelum waktunya disebabkan nilai oktan bensin yang terlalu jelek/rendah, derajat pengapian terlalu maju atau mesin terlalu panas.
8. Mengkilap
Busi basah karena sisa bensin yang tidak ikut terbakar, bukan oli. Ini artinya settingan karburator kurang pas, terlalu boros. Atau bisa juga salah pilih jenis busi, kurang dingin.
Tips Merawat Busi
Meski bentuknya kecil.Busi (dari bahasa Belanda bougie) atau spark plug pada sistem pengapian berfungsi sebagai alat untuk memercikan api listrik guna membakar campuran gas pada ruang bakar. Percikan api listrik ini diperoleh dari tegangan tinggi yang dihasilkan oleh ignition coil. Tanpa percikan bunga api yang dihasilkannya, mesin tak akan bekerja. Agar mesin bekerja prima sebaiknya Anda rajin memerhatikan kondisi busi.Salah satu cara perawatannya adalah membersihkan busi dari kotoran dan sisa pelumas. Berikut ini cara perawatan busi.
*Lepaskan semua busi dengan kunci busi, jangan sekali-kali memakai kunci pas.Periksalah kondisinya. Jika busi kering dan berkerak abu-abu menandakan kondisi pembakaran motor Anda baik. Bila basah serta kerak berwarna hitam, menggambarkan pembakaran mesin kurang sempurna.
*Sebelum busi dilepas, lubang tempat busi bersemayam harus dibersihkan terlebih dahulu. Cukup dengan kain bersih. Ketika melakukan pembersihan, cek kondisi penutup busi apakah masih dalam kondisi baik. Bersihkan mulut busi bagian luar dengan menggunakan sikat kawat. Untuk memudahkan pembersihan, busi direndam dengan bensin atau minyak tanah sebelum dibersihkan. setelah bersih keringkan. Bersihkan elektrode masa dengan kikir plat tipis. Ukur celah busi untuk mengoptimalkan kinerja busi Anda.
*Periksa kembali celah antara elektroda positif (bagian membulat) dan elektroda negatif (bagian melengkung yang nampak keluar dari busi). Kembalikan pada posisi normal sesuai buku petunjuk. Pada umumnya celah busi berjarak 0,8 mm-1,2mm.
*Setelah itu masukkan kembali busi pada tempatnya. Harap diingat, jangan mengencangkan busi hingga terlalu keras. Sebab, bila itu terjadi busi akan sulit kembali dilepas atau bisa saja menyebabkan rusaknya arus ulir pada lubang mesin. Bersihkan busi secara teratur. Agar umur pemakaian busi Anda bisa lebih panjang, sebaiknya setiap 5.000 km Anda membersihkannya dengan tiupan angin atau dengan sikat khusus.
Perawatan busi akan sangat membantu proses optimasi pembakaran. Sehingga tak saja busi, platina maupun injektor juga akan lebih awet.
akhirnya owe berpikir lalu gimana ya dengan kondisi busi motor owe yg udah lumayan ga muda karena sudah memasuki usia yg 39000 lagi ?
iseng2 cek ternyata pas awal2 agak terlalu item. tapi setelah owe setting2 sendiri berdasar feeling alias perasaan akhirnya pada hari ini dapetlah warna busi yg owe pengen yaitu coklat / merah bata.
yg ini masih ada sedikit tipis tumpukan karbonnya
yg ini udah putih bersih ga ada tumpukan karbon ama sekali
jadi kesimpulan owe simple : kalo mau cek kondisi mesin motor, ga perlu susah2 turun mesin cukup cek dari kondisi busi nya aja udah bisa ketauan. Gimana menurut pendapat bro2 sekalian & trim’s
Cara Memperbaiki Lampu Sein Dan Flasher Jika Mati
Flasher
jenis - jenis dudukan lampu sein
Flasher adalah suatu komponen yang terdapat pada kendaraan yang berfungsi untuk lampu tanda belok ke kiri atau ke kanan atau hazard pada mobil ( berkedip - kedip ) secara otomatis.
Cara mengecek apakah rangkaian atau flaser atau lampu masih berfungsi ( telah dipraktekan pada sepeda motor APP KTM model suprafit ) ialah :
Lepaskan Body sebelah kiri sepeda motor.
Lepaskan flasher dari terminal kabel atau cop kabel.
Sebelum kelangkah selanjutnya, priksa dahulu apakah lampu tanda ( sein kanan atau kiri putus atau tidak).
Kemudian terminal kabel tersebut atau cop kabel tadi dihubungkan langsung dengan seutas kabel atau kawat ( konduktor ).
Lalu coba anda hidupkan lampu sein kanan atau lampu sein kiri secara bergantian.
Jika lampu sein menyala meskipun tidak berkedip, berarti ada kerusakan pada flasher.
Tapi jika lampu reting mati, maka kerusakan bukan hanya pada flasher tapi juga pada kabel-kabel penghubungnya yang harus dibetulkan, priksa saklar apakah masih berfungsi dengan baik atau kunci kontak dalam keadaan baik.
Selamat membengkel, hhehehe ©
Cara Flashing Samsung GT-C3303i
Saya Tidak Bertanggung Jawab Apabila Terjadi Kerusakan Saat Sebelum atau Sesudah Proses Flasing
Alat-alat dan program yang diperlukan :
1. HP Samsung champ c3303i
2. Kabel data samsung champ (Mini usb). pake CA-101 bisa
3. Program Flash loader. download di sini
4. Firmware C3303IJPKB1. bisa di download di sini (arab)
*setelah Flash loader dan Firmware di download, langsung ekstract. ok!
*setelah Flash loader dan Firmware di download, langsung ekstract. ok!
1. Pindahkan semua hal penting yang ada di memory hp ke memory card
2.
Matikan HP (sebelum dimatikan, pengaturan sambungan PC harus sbg
samsung kies. –pengaturan > koneksi PC > samsung kies> save)
3. Tekan tombol volume bawah + kunci.
4.
Komputer akan minta driver. Instal driver manual aja, driver ada di
flash loader,cari di folder C3300K_Flash_loader_7.4.4_SSG_v0.5
Caranya:
1. Colokan kabel micro usb ke hp dan komputer.
2.tunggu sampai ada notification "found new hardware" (samsung mobile usb modem)
2.tunggu sampai ada notification "found new hardware" (samsung mobile usb modem)
* kalau sudah ada pemberitahuan skip ke langkah no 6.
3..kalau tidak ada pemberitahuan bisa langsung di cek di device manager, caranya klik kanan my computer > properties > pilih tab hardware > device manager, jika champ anda sudah terkoneksi ke pc dengan benar di sana akan ada tulisan "other device > sm bus controler"
4.klik kanan pada sm bus controler > pilih update driver.5.kemudian anda akan di hadapkan dengan windows "welcome to hardware wizard … dst."
6.pilih this time only > klik next
7. pilih instal from a list or specific location(advanced) > klik next
3..kalau tidak ada pemberitahuan bisa langsung di cek di device manager, caranya klik kanan my computer > properties > pilih tab hardware > device manager, jika champ anda sudah terkoneksi ke pc dengan benar di sana akan ada tulisan "other device > sm bus controler"
4.klik kanan pada sm bus controler > pilih update driver.5.kemudian anda akan di hadapkan dengan windows "welcome to hardware wizard … dst."
6.pilih this time only > klik next
7. pilih instal from a list or specific location(advanced) > klik next
8. Pilih "don't search, i will choose the driver to install" > klik next.
9. pilih "disk drives" > klik next
11. Cari folder C3303K_Flash_loader_ (di dokumen yang anda simpan)
12. Klik 5xdfu > open
13. Klik OK, dan nanti akan ada pengiriman data.
14. klik finish.
kemudian komputer akan meminta driver lagi, ulangi langkah-langkah 1 - 14.
15. Setelah install driver selesai, lepas kabel usb dari hp dan komputer.
15. Setelah install driver selesai, lepas kabel usb dari hp dan komputer.
Re-flashing:
1. 1. Buka Flash loader 7.4.4_SSG_v0.5.exe (didalam folder flash_loader_7.4.4_SSG_v0.5)
k 2. klik set model, lalu pilih C3300_LIBRE_Setting_v02.mdl > open
4.centang "STL image file", klik browse, klik folder "drivers-modem-hp-samsung"
5. klik C3303IJPKB1_OJPKB4_And_STL > open
6. klik C330iJPKB1_OJPKB4_STL > open
7. centang "TFS File", klik browse, pilih C3303iJP_TFS.tfs
8. centang "CSC File", klik browse, pilih C3303IOJPKB4.csc > open
Tampilannya akan seperti ini:
9. klik START.
10. tekan lagi volume bawah + kunci, colokan kabel micro usb ke champ dan komputer
11. proses flasing otomatis akan langsung berjalan. Tunggu sampai selesai.
12. Jika HP sudah keluar icon Charging, berarti proses flashing sudah selesai. Jika HP masih Mati jangan sekali-kali anda mencabut kabel.
10. tekan lagi volume bawah + kunci, colokan kabel micro usb ke champ dan komputer
11. proses flasing otomatis akan langsung berjalan. Tunggu sampai selesai.
12. Jika HP sudah keluar icon Charging, berarti proses flashing sudah selesai. Jika HP masih Mati jangan sekali-kali anda mencabut kabel.
13. Hidupkan HP, dan cek apakah proses flashing berhasil, biasanya tidak
lebih dari 20 menit, tergantung dari komputer yang di gunakan.
mudah 'kan?"
*jika gagal, atau hp tidak dapat dihidupkan (matot), maka ulangi lagi dari awal.
mudah 'kan?"
*jika gagal, atau hp tidak dapat dihidupkan (matot), maka ulangi lagi dari awal.
Semoga bermanfaat.
jika ada yang kurang dimengerti, silahkan komentari....
jika ada yang kurang dimengerti, silahkan komentari....
Tutorial Flashing Samsung GT-C3322 (Lakota)
kali ini saya akan membahas tutorial Flashing handphone Samsung GT-C3322 atau yang biasa dipanggil lakota,
"BERPIKIR LAH LAGI SEBELUM KALIAN NGE-FLASH LAKOTANYA, KARENA
SETELAH DI FLASH PAKE FW MOD INI MINUSNYA/KEKURANGANNYA YAITU BAHASA INDONESIA +JAWA +
GARANSI AKAN HILANG, TAPI NILAI PLUS NYA KITA BISA OTAK ATIK ISI SYSTEM
LAKOTA BUAT GANTI BACKGROUND, ICON, FONT, DLL. KALO EMANG UDAH NIAT YA SILAHKAN, SAYA DISINI HANYA MEMBANTU MENJEMBATANI KREATIFITAS KALIAN SEMUA."
Bahan yang dibutuhkan :
1. Flash loader untuk Samsung GT-C3322 (Flash loader 7.4.7_SSG_v0.1_Lite). Download DISINI
2. Firmware (FW) Samsung GT-C3322 yang sudah di Patch. Terserah yang mana saja, kebetulan yang saya pakai adalah C3322XWLG1 Patched By RDP v2. Bisa di download DISINI
3. Kabel data micro usb, komputer (RECOMMENDED WINDOWS XP), dan HP Samsung GT-C3322.
4. Untuk yang Kompi/ Lepi yang memakai WINDOWS 7 atau WINDOWS 8 apabila Flash loadernya tidak kompatibel, tenang ada solusinya.
Langkah-langkah :
pilih ekstrak here) karena file dari link diatas berbentuk .zip.
(Sebelum flashing kita harus terlebih dahulu menginstal usb flash
driver yang ada di folder bernama Sunstone_V5_00_0_1_WHQLed didalam hasil
ekstrakan Flash loader 7.4.7_SSG_v0.1_Lite tadi, instal secara manual, kalau
sudah terinstal kita mulai ritual flashingnya. *jiah ritual :v)
Tutorial Instal USB Flash Driver :
1. Buka folder Flash loader 7.4.7_SSG_v0.1_Lite.
2. Klik folder Sunstone_V5_00_0_1_WHQLed.
3. Klik lagi folder Sunstone_V5_00_0_1_WHQLed.
4. Klik setup.exe (ikutin stepnya sampai selesai).
5. Done.
Tutorial Flashing ada 2 cara (Pakai Baterai n Tanpa Baterai) :
Tutorial Flash Pakai Baterai (ketika melakukan flashing baterainya tidak dilepas) :
1. Buka Flash loader 7.4.7_SSG_v0.1_Lite.
2. Klik sett model kemudian pilih c3322_lakota_setting_v00.mdl.
3. Centang "Application binary file", klik browse pilih .ptt (di dalam folder FW yang sudah di ekstrak).
4. Centang "TFS File", klik browse, klik browse pilih .tfs (di dalam folder FW yang sudah di ekstrak).
5. Centang "CSC File", klik browse, klik browse pilih .csc (di dalam folder FW yang sudah di ekstrak).
6. Matikan hp kalian, lepas sim dan memory, pasang lagi baterainya.
7. Klik start.
8. Dalam keadaan hp mati "TEKAN & TAHAN" (perhatikan kata2 TEKAN & TAHAN) tombol angka 1+3 atau 1+bawah atau 5+8 (pilih salah satu dulu, kalau muncul indikator isi baterai bisa mencoba yang lainnya. Sebelum mencoba kombinasi angka yang lain klik STOP dulu baru
klik START lagi setelah kalian mengganti kombinasi angkanya) secara bersamaan kemudian colokan kabel data ke komputer dan hp (kalau bar download status yang atas berwarna kuning sementara dibawahnya menunjukan progress berwarna biru dan sudah jalan berarti mengindikasikan proses
flashing sedang berjalan. Lepas tangan kalian waktu "TEKAN & TAHAN" tombol tadi dan tunggu sampe proses selesai).
9. Indikasi proses flashing sedang berjalan bisa dilihat layar hp tidak
muncul ikon charging, dan di flashloader bar download status yang atas
berwarna kuning sementara dibawahnya menunjukan progress berwarna biru.
10. Kalo hape agan restart sendiri, berarti proses flashing dah selesai, kalo masih mati, jangan sekali-kali mencabut kabelnya (Proses flashing kurang lebih 15 menit).
Flash Tanpa Batere :
Tutorial sama seperti cara yang di atas
No. 1, 2, 3, 4, 5, 6 sama, No. 7 sama pas lepas sim dan memory ( tetapi baterai
tidak usah dipasang), No. 8 - 9 sama,
No. 10 jika proses flashing selesai layar hape akan berkedip2
Pengaturan GPRS Otomatis
Setelah berhasil melakukan flashing diharapkan untuk mengetikkan kode ini untuk mengaktifkan GPRS OTOMATIS
-ketik *#79234# , lalu isi passwordnya 83331674 (untuk fw C3322XWLG1-c3322WSERLG1),
untuk fw C3322XWKL1_C3322WSERKL2 passwordnya 86820308, untuk fw lainnya bisa dicari.
- Kemudian pilih XSE (regional indonesia)
- konfirmasi reboot, klik OK
WARNING!!!
KALO LAKOTA SUDAH DIFLASH DENGAN FW PATCH DIHARAPKAN UNTUK TIDAK MELAKUKAN MASTER RESET/ RESET EPROOM.
TESTED BY ME.
TAKE YOUR OWN RISK.
"BERPIKIR LAH LAGI SEBELUM KALIAN NGE-FLASH LAKOTANYA, KARENA
SETELAH DI FLASH PAKE FW MOD INI MINUSNYA/KEKURANGANNYA YAITU BAHASA INDONESIA +JAWA +
GARANSI AKAN HILANG, TAPI NILAI PLUS NYA KITA BISA OTAK ATIK ISI SYSTEM
LAKOTA BUAT GANTI BACKGROUND, ICON, FONT, DLL. KALO EMANG UDAH NIAT YA SILAHKAN, SAYA DISINI HANYA MEMBANTU MENJEMBATANI KREATIFITAS KALIAN SEMUA."
Bahan yang dibutuhkan :
1. Flash loader untuk Samsung GT-C3322 (Flash loader 7.4.7_SSG_v0.1_Lite). Download DISINI
2. Firmware (FW) Samsung GT-C3322 yang sudah di Patch. Terserah yang mana saja, kebetulan yang saya pakai adalah C3322XWLG1 Patched By RDP v2. Bisa di download DISINI
3. Kabel data micro usb, komputer (RECOMMENDED WINDOWS XP), dan HP Samsung GT-C3322.
4. Untuk yang Kompi/ Lepi yang memakai WINDOWS 7 atau WINDOWS 8 apabila Flash loadernya tidak kompatibel, tenang ada solusinya.
Cara Mengatasi flash loader yang tidak kompatible dengan win7/win8
- Buka folder Flash loader 7.4.7_SSG_v0.1_Lite.
- Klik folder Sunstone_V5_00_0_1_WHQLed.
- 3. Klik lagi folder Sunstone_V5_00_0_1_WHQLed.
- 4. Klik kanan setup.exe -> properties
- 5. Pilih compatibility, centang pada "run program compatibility" klik OK
- 6 . install
Langkah-langkah :
- Flash loader 7.4.7_SSG_v0.1_Lite dan Firmware yang kalian punya atau
pilih ekstrak here) karena file dari link diatas berbentuk .zip.
(Sebelum flashing kita harus terlebih dahulu menginstal usb flash
driver yang ada di folder bernama Sunstone_V5_00_0_1_WHQLed didalam hasil
ekstrakan Flash loader 7.4.7_SSG_v0.1_Lite tadi, instal secara manual, kalau
sudah terinstal kita mulai ritual flashingnya. *jiah ritual :v)
Tutorial Instal USB Flash Driver :
1. Buka folder Flash loader 7.4.7_SSG_v0.1_Lite.
2. Klik folder Sunstone_V5_00_0_1_WHQLed.
3. Klik lagi folder Sunstone_V5_00_0_1_WHQLed.
4. Klik setup.exe (ikutin stepnya sampai selesai).
5. Done.
Tutorial Flashing ada 2 cara (Pakai Baterai n Tanpa Baterai) :
Tutorial Flash Pakai Baterai (ketika melakukan flashing baterainya tidak dilepas) :
1. Buka Flash loader 7.4.7_SSG_v0.1_Lite.
2. Klik sett model kemudian pilih c3322_lakota_setting_v00.mdl.
3. Centang "Application binary file", klik browse pilih .ptt (di dalam folder FW yang sudah di ekstrak).
4. Centang "TFS File", klik browse, klik browse pilih .tfs (di dalam folder FW yang sudah di ekstrak).
5. Centang "CSC File", klik browse, klik browse pilih .csc (di dalam folder FW yang sudah di ekstrak).
6. Matikan hp kalian, lepas sim dan memory, pasang lagi baterainya.
7. Klik start.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgiZRiwkUmIX_G_nhQY0OKiSMJwNXXItSwPgB9LmNTULS3Ql5hlmXU5jmuPpP4D-4fIcA6WoyCriskedpm4dU5a-CB6zxdcOQZWmuquPY1yQXvjgZutdqIF0wsa-7T8LSXK-lFofC7bOcE/s1600/grey.gif)
8. Dalam keadaan hp mati "TEKAN & TAHAN" (perhatikan kata2 TEKAN & TAHAN) tombol angka 1+3 atau 1+bawah atau 5+8 (pilih salah satu dulu, kalau muncul indikator isi baterai bisa mencoba yang lainnya. Sebelum mencoba kombinasi angka yang lain klik STOP dulu baru
klik START lagi setelah kalian mengganti kombinasi angkanya) secara bersamaan kemudian colokan kabel data ke komputer dan hp (kalau bar download status yang atas berwarna kuning sementara dibawahnya menunjukan progress berwarna biru dan sudah jalan berarti mengindikasikan proses
flashing sedang berjalan. Lepas tangan kalian waktu "TEKAN & TAHAN" tombol tadi dan tunggu sampe proses selesai).
9. Indikasi proses flashing sedang berjalan bisa dilihat layar hp tidak
muncul ikon charging, dan di flashloader bar download status yang atas
berwarna kuning sementara dibawahnya menunjukan progress berwarna biru.
10. Kalo hape agan restart sendiri, berarti proses flashing dah selesai, kalo masih mati, jangan sekali-kali mencabut kabelnya (Proses flashing kurang lebih 15 menit).
Flash Tanpa Batere :
Tutorial sama seperti cara yang di atas
No. 1, 2, 3, 4, 5, 6 sama, No. 7 sama pas lepas sim dan memory ( tetapi baterai
tidak usah dipasang), No. 8 - 9 sama,
No. 10 jika proses flashing selesai layar hape akan berkedip2
Pengaturan GPRS Otomatis
Setelah berhasil melakukan flashing diharapkan untuk mengetikkan kode ini untuk mengaktifkan GPRS OTOMATIS
-ketik *#79234# , lalu isi passwordnya 83331674 (untuk fw C3322XWLG1-c3322WSERLG1),
untuk fw C3322XWKL1_C3322WSERKL2 passwordnya 86820308, untuk fw lainnya bisa dicari.
- Kemudian pilih XSE (regional indonesia)
- konfirmasi reboot, klik OK
WARNING!!!
KALO LAKOTA SUDAH DIFLASH DENGAN FW PATCH DIHARAPKAN UNTUK TIDAK MELAKUKAN MASTER RESET/ RESET EPROOM.
TESTED BY ME.
TAKE YOUR OWN RISK.
Cara Flash LG GW300
Kali ini saya akan share gimana cara nya flash Lg Gw300
Silahkan simak baik2 CARA FLASH LG GW300Alat yang di butuhkan
1. Kabel USB LG GW300 atau Kabel data CA101
2. LG GW300 FLASHER (GSMULTI V3.0)download disini
3. USB MAP. download disini
4. FIRMWARE BI LG GW300. download Link dibawah
Link-1
Link-2
5. DLL LG GW300. download disini
CARANYA :
1. Download & Extract LG GW300 Flasher (GSMULTI V3.0)
2. Install SETUP_GSMULTI V3.0,Setelah itu akan terbuat folder C:\GSMULTI.
3. Install file Setup_USB_PortMapping_04.exe
4. Hubungkan Handphone ke PC atau Laptop dengan kabel USB.( Handphone Kondisi Mati )
5. Ketika PC meminta driver, arahkan ke C:\GSMULTI\UsbDrivers\MTK
kemudian klik next sampai driver selesai diinstal.
6. Buka USB Map V4 di folder C/GSMULTI, pilih MTK, klik Start Mapping
Hubungkan HP ( kondisi handphone mati ). Tidak usah pake baterai
kalo udah terdetect klik save & exit
Cara Flash Blackberry
Permaslahan ini bisa disebabkan oleh OS yang tidak stabil atau file hilang,file hilang biasanya disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga yang tidak kompatibel atau konflik.
Cara mengatasinya adalah sebagai berikut :
1.Download Flasher Blackberry
2.Kemudian extract Flasher Blackberry di Desktop PC anda
3.Sambungkan device yang Nuked atau Brick ke PC melalui kabel data (untuk yang restart berulang ulang sambungkan device ke Pc tanpa batteray sampai masuk keloader baru pasang kembali)
4.Jalankan flasher dengan cara double klik pada flashernya
5.Tunggu sampai loader OS muncul (pastikan anda sudah menginstal OS yang ingin diload ke device yang sekarat)
6.Centang aplikasi sesuai kebutuhan (seperti load OS biasa)
7.Pilih Next seperti upgrade OS seperti baisanya
Cara mengatasinya adalah sebagai berikut :
1.Download Flasher Blackberry
2.Kemudian extract Flasher Blackberry di Desktop PC anda
3.Sambungkan device yang Nuked atau Brick ke PC melalui kabel data (untuk yang restart berulang ulang sambungkan device ke Pc tanpa batteray sampai masuk keloader baru pasang kembali)
4.Jalankan flasher dengan cara double klik pada flashernya
5.Tunggu sampai loader OS muncul (pastikan anda sudah menginstal OS yang ingin diload ke device yang sekarat)
6.Centang aplikasi sesuai kebutuhan (seperti load OS biasa)
7.Pilih Next seperti upgrade OS seperti baisanya
Cara Mendeteksi Titik Kerusakan Handphone China Yang Mati Dengan Power Supply
Bismillahirromanirrohim
Assalamualikum Agan2 semua. saya akan mulai penulisan artikel yang sudah lama tertunda karena kesibukan
Mari Kita mulai.....
![](http://4.bp.blogspot.com/-zmUH9ZklFrQ/T3G9cRurkSI/AAAAAAAACT8/joKebkb1Q4o/s200/27032012(005).jpg)
BAHAN
1. POWER SUPPLY boleh digital atau analog
2. Kabel Plus (+) Minus (-) bawaan Powes
Supply boleh model jepit atau model jepit buaya
3. Hape rusak dan matot
PERSIAPAN (test untuk hape normal)
1. Nyalakan PS (Power Supply) atur current pada
3,6 v (awas jangan kliru/ketinggian kalo salah
bisa hangus hp nya, Untuk Memastikan saat PS
dinyalakan Voltage menunjukkan 03.7 atau 4.1
v, masing2 ps beda2 setelannya yang terpenting
jangan sampai diatas 04.5v
![](http://4.bp.blogspot.com/-UopceUo8YFA/T3G-Wyd-gkI/AAAAAAAACUE/cKDHuEqbKSE/s200/27032012(009).jpg)
2. Pasang probe merah pada konektor batrei Plus (+) pada hape dan Hitam pada konktor batrei min (-) pada hape. Untuk menentukan Plus Minus tiap hape ada 2 jenis model konektor batrei yaitu yang pertama model cankang biasa seperi Nokia yang menggunakan bl5c dan yang kedua Konektor model tipis gepeng. Nah Yang ini minus (-) atau Ground nya hape China Ada di tengah berbeda dengan model yang pertama mirip nokia yang ujung sebelah dalam adalah minus (-) atau ground (atau lebih mudahnya Anda bisa lihat batrei bawaan hape disitu biasanya ada Tanda (-) dan (+) dan Anda tinggal menyesuaikan
![](http://1.bp.blogspot.com/-hLdHifbFA6s/T3G_Ry6PMGI/AAAAAAAACUM/tFEqY7yZIuQ/s200/27032012(008).jpg)
3 Nah bila probe kabel sudah terpasanag dengan benar, coba tekan power on hp, dan perhatikan pergerakan Current (arus amper). Untuk hape normal saat nyala pertama amper akan naik sekitar 12 s/d 25 tergantung lebar layar dan kecerahan lampu yang digunakan hape tersebut.Dan amper akan turun hingga nol saat hape lampunya padam.
Nah dengan cara diatas Anda bisa membuat patokan dari amper bila ngecek hape nyala.
Lalu bagaimana dengan hape yang mati. inilah yang ditunggu tunggu.
Saya akan buat patokan atau rumus singkat saja biar tidak bertele tele ngalor ngidul ketan ngulon...hehe glantur.....maklum sdh malem neh pingennya pulang......
PERTAMA :
Sepertia diatas tadi pasang Probe kabel PS sesuai dengan konektor pada hape. Sebaiknnya PS dalam kondisi mati terlebih dulu saat Anda memasang Probe Kabel pada hape. Lalu nyalakan biarkan sesaat....Coba lihat Current (amper) ada pergerakan apa tidak. Untuk hape normal atau tidak ada short current tidak boleh bergerak. Bila bergerak sebelum di tombol power pada hape berarti hape mengalami short. Nah Dari sini kita bisa tahu bahwa hape mati karna terjadi shorting pada komponen atau IC. Untuk mengetahui dimana short nya Nanti Kita Bahas Pada Artikel selanjutnya. Dari Sini Kita sudah tahu penyebah matinya hape. Untuk hape yang tidak short curret tidak bergerak sebelum di tombol power
KEDUA :
Lalu bagaiman bila kita sdh nyalakan ps dan current tidak bergerak atau normal. langkahnya sama seperti kita ngecek hape normal diatas. Nyalakan dengan menekan tombol power pada hape lalu perhatikan CURRENT nya
ini rumusnya
A. bila saat ditekan current menunjukkan 0.04 s/d 0.08 >>>kemungkinan besar mati karna software,
kemungkinan lain20% persen ic flkash bermasalah
B. bila saat ditekan current menunjukkan 0.01 s/d 0.03 >>>kemungkinan besar cpu bermasalah
C bila saat ditekan current menunjukkan 0.25 s/d 0.50 bahkan lebih kemungkinanan besar cpu/ic power
, bluetooth (atau komponen yang mendapat tegangan dari ic power) short
Demikian Agan2 cuma ini yang bisa saya berikan semoga bermanfaat untuk kita semua yang newbe2
kalo ada yang mau nambahin ....silahkan .... etiap tehnisi mungkin cara berbeda..........
Wassalamualaikum
Langganan:
Postingan (Atom)
Berita Aneh
Seputar Mitos
Kesehatan
Tokoh Kita Hari Ini
About
Alam dan Jagad Raya
Search This Blog
Featured Posts
Berita Aneh
Seputar Mitos
Pages
Labels
- acer
- Advan
- Aldo
- android
- Android China
- apple
- Asus
- Bellphone
- Blackberry
- China
- Coolpad
- Download Lagu
- Drivers Laptop
- Drivers Windows
- Editor
- eElektro
- Elektro
- EMMC
- Evercoos
- FILE DUMP EMMC
- Firmware HP
- Firmware Replika
- FRP
- game
- Harga hardisk
- Harga Processor
- harga RAM laptop
- HIMAX
- HTC
- INFINIX
- iphone
- Lenovo
- Lupa Pola
- Materi Pelajaran SMK
- Meizu
- mesin cuci
- MI Cloud
- Microsoft Mobile
- Mito
- Nokia
- Oppo
- Polytron
- Realme
- Replika
- Room MTK ALL device
- Samsung
- Samsung China
- Samsung Replika
- Sejarah
- Smartfreen
- Software HP
- Software PC
- Sony
- SPC
- Tool
- Tool Crack
- Tuto
- Tutorial Android
- Tutorial HP
- Tutorial komputer
- Tutorial Service Elektro
- Tutorial Service Motor & mobil
- UFS
- vivo
- Windows ISO File
- Xiaomi
- xiomi
- Xperia
- ZTE
Labels
- acer
- Advan
- Aldo
- android
- Android China
- apple
- Asus
- Bellphone
- Blackberry
- China
- Coolpad
- Download Lagu
- Drivers Laptop
- Drivers Windows
- Editor
- eElektro
- Elektro
- EMMC
- Evercoos
- FILE DUMP EMMC
- Firmware HP
- Firmware Replika
- FRP
- game
- Harga hardisk
- Harga Processor
- harga RAM laptop
- HIMAX
- HTC
- INFINIX
- iphone
- Lenovo
- Lupa Pola
- Materi Pelajaran SMK
- Meizu
- mesin cuci
- MI Cloud
- Microsoft Mobile
- Mito
- Nokia
- Oppo
- Polytron
- Realme
- Replika
- Room MTK ALL device
- Samsung
- Samsung China
- Samsung Replika
- Sejarah
- Smartfreen
- Software HP
- Software PC
- Sony
- SPC
- Tool
- Tool Crack
- Tuto
- Tutorial Android
- Tutorial HP
- Tutorial komputer
- Tutorial Service Elektro
- Tutorial Service Motor & mobil
- UFS
- vivo
- Windows ISO File
- Xiaomi
- xiomi
- Xperia
- ZTE
Labels
- acer
- Advan
- Aldo
- android
- Android China
- apple
- Asus
- Bellphone
- Blackberry
- China
- Coolpad
- Download Lagu
- Drivers Laptop
- Drivers Windows
- Editor
- eElektro
- Elektro
- EMMC
- Evercoos
- FILE DUMP EMMC
- Firmware HP
- Firmware Replika
- FRP
- game
- Harga hardisk
- Harga Processor
- harga RAM laptop
- HIMAX
- HTC
- INFINIX
- iphone
- Lenovo
- Lupa Pola
- Materi Pelajaran SMK
- Meizu
- mesin cuci
- MI Cloud
- Microsoft Mobile
- Mito
- Nokia
- Oppo
- Polytron
- Realme
- Replika
- Room MTK ALL device
- Samsung
- Samsung China
- Samsung Replika
- Sejarah
- Smartfreen
- Software HP
- Software PC
- Sony
- SPC
- Tool
- Tool Crack
- Tuto
- Tutorial Android
- Tutorial HP
- Tutorial komputer
- Tutorial Service Elektro
- Tutorial Service Motor & mobil
- UFS
- vivo
- Windows ISO File
- Xiaomi
- xiomi
- Xperia
- ZTE
Labels
- acer
- Advan
- Aldo
- android
- Android China
- apple
- Asus
- Bellphone
- Blackberry
- China
- Coolpad
- Download Lagu
- Drivers Laptop
- Drivers Windows
- Editor
- eElektro
- Elektro
- EMMC
- Evercoos
- FILE DUMP EMMC
- Firmware HP
- Firmware Replika
- FRP
- game
- Harga hardisk
- Harga Processor
- harga RAM laptop
- HIMAX
- HTC
- INFINIX
- iphone
- Lenovo
- Lupa Pola
- Materi Pelajaran SMK
- Meizu
- mesin cuci
- MI Cloud
- Microsoft Mobile
- Mito
- Nokia
- Oppo
- Polytron
- Realme
- Replika
- Room MTK ALL device
- Samsung
- Samsung China
- Samsung Replika
- Sejarah
- Smartfreen
- Software HP
- Software PC
- Sony
- SPC
- Tool
- Tool Crack
- Tuto
- Tutorial Android
- Tutorial HP
- Tutorial komputer
- Tutorial Service Elektro
- Tutorial Service Motor & mobil
- UFS
- vivo
- Windows ISO File
- Xiaomi
- xiomi
- Xperia
- ZTE
Berita Video
Blogger news
Post Labels
- acer
- Advan
- Aldo
- android
- Android China
- apple
- Asus
- Bellphone
- Blackberry
- China
- Coolpad
- Download Lagu
- Drivers Laptop
- Drivers Windows
- Editor
- eElektro
- Elektro
- EMMC
- Evercoos
- FILE DUMP EMMC
- Firmware HP
- Firmware Replika
- FRP
- game
- Harga hardisk
- Harga Processor
- harga RAM laptop
- HIMAX
- HTC
- INFINIX
- iphone
- Lenovo
- Lupa Pola
- Materi Pelajaran SMK
- Meizu
- mesin cuci
- MI Cloud
- Microsoft Mobile
- Mito
- Nokia
- Oppo
- Polytron
- Realme
- Replika
- Room MTK ALL device
- Samsung
- Samsung China
- Samsung Replika
- Sejarah
- Smartfreen
- Software HP
- Software PC
- Sony
- SPC
- Tool
- Tool Crack
- Tuto
- Tutorial Android
- Tutorial HP
- Tutorial komputer
- Tutorial Service Elektro
- Tutorial Service Motor & mobil
- UFS
- vivo
- Windows ISO File
- Xiaomi
- xiomi
- Xperia
- ZTE